Blog

Cara Berjualan Di Instagram Dan Mendapatkan Banyak Profit

Cara Berjualan di IG
Written by babastudio

 

Sosial media Instagram merupakan platform sosial media yang sangat terkenal. Setiap tahunnya selalu mengalami perkembangan, baik itu dari segi jumlah ataupun fitur-fiturnya. Selain dikenal sebagai media berbagi foto dan video dengan teman, ia juga bisa digunakan sebagai tempat untuk berjualan dan promosi produk.

Kamupun pasti seringkali menemukan beberapa akun yang gencar melakukan promosi di Instagram. Untuk kamu yang mau ikut berjualan disana tetapi bingung seperti apa langkah tepatnya, berikut ini ialah langkah-langkah berjualan di Instagram dan mendapatkan keuntungan :

 

Langkah 1 : Konversi Profil Instagram kamu Menjadi Profil Bisnis

 

Mengubah profil Instagram kamu ke profil bisnis memberikan akses ke sejumlah opsi penjualan dan pelaporan yang sangat diperlukan. Sebelum kita membahasnya, inilah cara untuk mengkonversi profil kamu ke Profi Bisnis :

  1. Masuk ke akun Instagram dan klik tombol yang tampak seperti Cheeseburger di bagian kanan atas dashboard.
  2. Klik Pengaturan di bagian kanan bawah
  3. Scroll ke bawah ke “Beralih Ke Profil Bisnis

Beberapa fitur penting yang tersedia setelah kamu beralih:

  • Instagram Insight (Wawasan Instagram) : Tidak mudah di Instagram seperti halnya di Facebook, untuk mencari informasi pribadi dan demografis Follower (Pengikut). Bahkan lebih sulit untuk mengkompilasi data tersebut secara agregat. Instagram Insights hadir untuk masalah tersebut.

 

Cara berjualan di instagram

 

 

Ketika kamu beralih ke profil bisnis, semuanya mudah diakses melalui aplikasi di Smartphone. Di bawah tab Activity, kamu akan menemukan metrik seperti kunjungan profil, klik situs web, Reach (jangkauan), dan Impression(tayangan).

Di tab  Content, kamu dapat melihat lebih rinci kinerja setiap post atau insta story, termasuk kunjungan profil dan keterlibatan masing-masing.

Di tab Audience, Kamu bisa melacak lokasi, usia, dan jenis kelamin semua Follower kamu, serta hari dan waktu mereka paling aktif. Semua informasi ini nantinya akan  sangat berguna untuk daftar berikut :

  • Tombol CTA (Call To Action). Ini muncul di bagian atas profil kamu di bagian bawah bio, dan itu memberi orang pilihan untuk menelepon, mengirim email, atau mendapatkan Link ke bisnis yang kamu kelola.

 

  • Storylink (Tautan Cerita). Seperti yang kamu tahu, Instagram tidak mengizinkan pengguna untuk menautkan dalam posting. Itu juga hanya memungkinkan satu link situs web dalam bio yang diberikan.

 

Dengan menambahkan link dalam cerita Instagram memberi kamu kesempatan untuk mengarahkan follower  ke berbagai produk dan Landing Page di situs web kamu.

 

  • Facebook Alignment (Penyelarasan Facebook). Kini kamu dapat terhubung ke halaman bisnis (Facebook Page) kamu dan mulai menjalankan iklan melalui Bussines Manager / Ads Manager.

 

Langkah 2 : Tampung Kampanye Organik dengan Riset Hashtag (Tagar)

 

Pemilik bisnis sangat ingin menjangkau lebih banyak orang, namun mereka tidak tahu caranya. Jika kamu seorang pemilik bisnis yang serius dan kiat mencari peluang, kamu mungkin harus meriset terlebih dahulu jenis Hastag atau tagar seperti apa yang cocok untuk bisnismu dan sesuai di mata follower.

Hashtag adalah cara terbesar untuk meningkatkan profit kampanye Instagram organik. Beralih ke profil bisnis memberimu kemampuan untuk melihat, secara post-by-post, berapa banyak tayangan yang datang melalui Hashtag, dan berapa banyak orang yang sudah berinteraksi dengan bisnismu tetapi di luar ruang lingkup follower kamu.

cara membuat artikel di IG

 

 

Kamu mungkin  ingin menggunakan kombinasi Hashtag yang memiliki volume posting tinggi dan volume posting yang rendah. Keduanya memberi kamu  kesempatan yang lebih baik untuk dilihat dan dilibatkan oleh Audience yang beritikad tinggi.

 

Langkah 3 : Mulai Menjalankan Iklan

 

Jika ingin benar-benar mendapatkan keuntungan bagi kamu, hindari hanya bergantung pada  tombol “Promote” pada aplikasi instagram kamu. Dan mulai mempelajari apa itu  “Custom Audience” yang ada pada Instagram.

 

Cara berjualan di instagram

 

 

Jalankan iklan kamu bersamaan dengan Facebook Ads, atau edit penempatan kamu untuk hanya menjalankannya di Instagram. Apabila kamu jalankan bersamaan di Facebook Ads, luangkan waktu untuk mengatur kampanye kamu juga di Ads Manager Facebook.

Melakukan hal itu berarti kamu akan memiliki akses ke serangkaian opsi penargetan Facebook yang lebih canggih, serta jenis kampanye Reach (Jangkauan) dan Brand Awareness (Kesadaran Merek), yang keduanya memungkinkan kamu untuk promosi iklan dengan biaya maksimal tetapi hanya butuh sedikit biaya.

Baca Juga :

Langkah 4 : Gunakan Fitur Instagram Shopping untuk produk Fisik

Penjelasan singkat tentang cara kerjanya, dan cara mengatur. Postingan belanja terlihat seperti postingan organik, dengan pengecualian ketika pengguna mengklik atau  menekan tombol Tap to view product , nama dan harga produk tersebut akan muncul.

 

Dan ketika mereka mengklik tag yang muncul, mereka akan dibawa ke halaman detail produk yang berisi deskripsi produk dan CTA. Dari sana, mereka akan diarahkan menuju Landing page website kamu

Saat kamu menggunakan fitur Instagram Shopping sebagai media iklan, kamu sama saja melengkapi diri dengan kapasitas Google Shopping dan Retargeting Audience  yang dimiliki facebook.

Penargetan manual (Demografis, Perilaku, Minat audiens) memungkinkan kamu mencapai Jangkauan customer dan audiens  yang lebih luas melalui hashtag pada Instagram shopping.

Untuk menunjukan tingkat relevansi produk terutama, seperti apa dan berapa biayanya — memastikan bahwa siapa pun yang terlibat dengan iklan kamu  mau membeli  begitu mereka mendarat situs kamu.

Sebagai bonus tambahan, post Instagram Shopping kamu menjangkau lebih banyak pengguna di Channel  atau  saluran Belanja yang baru dibuat di Instagram Explore.

 

Langkah 5 : Bermitra atau menjalin kerja sama Dengan Influencer di Instagram

 

Cara berjualan di instagram

 

Influencer Marketing atau yang lebih dikenal dengan Endorse mengalami peningkatan terutama di Instagram sebagai sarana memperkenalkan produk anda kepada follower dari Influencer tersebut. Dengan demikian memberikan akses  kepada calon customer baru secara masif

Ada banyak influencer Instagram milenial saat ini yang tumbuh menggunakan aplikasi dan memiliki pemahaman yang melekat tentang bagaimana memanfaatkannya untuk bertambah dan mempertahankan Follower yang setia.

Dengan mengeluarkan biaya yang di sepakati anda dan influencer tersebut, secara tidak langsung kamu mempromosikan produkmu di Instagram mereka

Menjual di Instagram berarti membeli

Untuk benar-benar mendapatkan keuntungan yang ditawarkan Instagram — untuk membuat pengguna membeli apa yang ingin kamu jual — pertama-tama kamu harus mempelajari lebih dalam tentang instagram dan berkomitmen menjadikan instagram sebagai lahan mencari keuntungan.

Jangan biarkan anggaran kecil menghalangi kamu untuk menjalankan iklan, membeli jasa influencer, atau bahkan membayar untuk manajemen kampanye organik.

 

Sumber : https://www.wordstream.com/blog/ws/2018/11/15/selling-on-instagram

About the author

babastudio

Leave a Comment

WhatsApp chat