Blog

5 Kampanye Email Marketing yang Efisien dan Tepat Sasaran

strategi email marketing
Written by babastudio

 

 

Walaupun terkesan kuno atau strategi lama, email marketing masih menjadi saran promosi yang diminati pebisnis online. Metodenya sama seperti halnya kamu menawarkan produk kesetiap pintu rumah, hanya saja untuk email marketing terjadi di dunia digital dan rumah tersebut diganti dengan alamat Email.

 

Ketika kamu mengikuti strategi Email Marketing ini, email juga akan menjadi saluran marketing terpenting kamu.

 

1. Personalisasi Pesan Email Marketing

 

Membahas tentang Email Marketing yang dipersonalisasi, bukan berarti bahwa kamu mengirim satu persatu email ke setiap pelanggan. Personalisasi berarti kamu menggunakan data pelanggan untuk membuat pesan yang dipersonalisasi.

Misalnya, Baris subjek email yang dapat dipersonalisasi dengan nama depan penerima dapat meningkatkan rate email tersebut dibuka sebesar 16%. Sebab personalisasi meninggalkan kesan seolah-olah kamu memang menujukan pesan tersebut kepada mereka dan membuat pelanggan merasa istimewa.

Di luar menggunakan nama pelanggan, berikut adalah beberapa tips untuk membantu proses personalisasi pesan email:

  • Informasi Pembuka yang benar : Personalisasi hebat dimulai sebelum kamu menekan tombol ‘kirim’. Gunakan pesan pembuka yang benar dengan kata-kata manis misalnya seperti “Halo kakak, kami dari PT.ABCD ingin menawarkan produk kepada kakak, jika tertarik silahkan hubungi xxxx”.

 

  • Cantumkan alamat email balasan : Dengan mencantumkan Alamat email pada Email Marketing akan meningkatkan Kredibilitas dan tampil lebih personal kepada para pelanggan. Jangan lupa cantumkan alamat email balasan pada bagian bawah pesan kamu.

 

  • Gunakan tanda tangan asli (Signature): Sama seperti menggunakan alamat email balasan. Tanda tangan (Signature) pada email melambangkan kredibilitas dan integritas yang tinggi. Membuat pelanggan kamu lebih percaya terhadap pesan promosi yang kamu sampaikan

 

2. Segmentasi Pelanggan

 

Bagi Email Marketing, segmentasi adalah hal penting yang wajib diperhatikan

Cara Kirim email yang baik

Cara terbaik untuk menarik pemilik usaha kecil agar tertarik dengan kamu adalah membuat segmen orang yang mendaftarkan diri mereka sebagai pemilik usaha kecil yang tinggal dalam jarak 20 mil dari  kamu dan kemudian mengirim undangan kepada mereka melalui email.

 

Bagian segmentasi sederhana dan dapat dengan mudah dilakukan melalui Software CRM . Bandingkan ini dengan mengirim satu email ke seluruh basis data kamu dengan pelanggan yang tersebar di seluruh negara.

Cara kirim email yang baik

 

 

Bagian segmentasi sederhana dan dapat dengan mudah dilakukan melalui Software CRM . Bandingkan ini dengan mengirim satu email ke seluruh basis data kamu dengan pelanggan yang tersebar di seluruh negara.

 

Berikut ini adalah beberapa contoh Segmentasi yang bisa kamu terapkan:

 

  • Segmentasi industri: Apakah kamu menawarkan layanan dan produk ke bisnis atau konsumen ? Mengetahui industri pelanggan kamu adalah cara yang bagus untuk mensegmentasi Email Marketing.

 

Misalnya, bisnis yang menjual suku cadang mobil akan terlibat pada tingkat yang jauh lebih tinggi jika mereka menerima Email Marketing pada produk mobil, dibandingkan dengan bisnis yang menjual Software.

 

  • Segmentasi menurut ukuran perusahaan : Juga dikenal sebagai Marketing berbasis akun , mengelompokkan Email Marketing berdasarkan ukuran perusahaan atau pendapatan tahunan adalah cara yang bagus untuk meningkatkan tingkat respons.

 

Sebuah bisnis kecil yang mempekerjakan 5 orang kemungkinan tidak siap untuk konferensi industri terbesar tahun ini, sedangkan bisnis yang mempekerjakan 750 orang mungkin lebih cocok.

 

  • Segmen berdasarkan siklus penjualan : Pembeli tahap awal tidak akan siap untuk promosi penjualan yang agresif, mereka akan lebih menghargai untuk menerima buku putih penelitian industri. Di ujung lain siklus, pembeli yang siap membeli akan merespons dengan baik webinar produk atau penawaran uji coba gratis .

3. Mengirim Email Berbasis Mobile Friendly

 

Pada tahun 2012, 27% dari semua Email Marketing dibuka di perangkat seluler(Mobile). Pada 2014, jumlah itu melonjak hingga 42% . Tapi sekarang naik hingga setinggi 61%!

55% pengguna ponsel  telah melakukan setidaknya satu pembelian setelah menerima Email Marketing di Ponsel mereka.  Selain itu, sebuah studi oleh Flexmail menemukan bahwa 36% dari perusahaan B2B yang telah mengoptimalkan Email Marketing mereka untuk perangkat seluler mengalami peningkatan terhadap kinerja email marketing mereka.

Jangan khawatir, berikut adalah beberapa tips tentang cara melakukannya.

  • Menerapkan desain email yang responsif: Membuat desain email responsif berarti bahwa pengalaman pengguna dioptimalkan terlepas dari perangkat atau layar yang mereka gunakan. Sebagian besar penyedia layanan email (ESP) menawarkan solusi ini dalam fungsionalitas email mereka.

 

  • Buat Judul atau Header dengan Singkat dan Jelas : Judul sangat penting. Buatlah singkat agar pembaca tahu persis tentang topik utama email kamu.

 

  • Buat tombol Call to Action yang jelas: Ukuran layar telepon seluler bervariasi. Meskipun tautan teks dapat berfungsi pada tablet atau layar yang lebih besar, namun bagaimana dengan layar yang lebih kecil. Buat tombol CTA yang besar dan jelas akan memudahkan mereka membalas pesan kamu

” Kursus Internet Marketing Terbaik “

4. Pertimbangkan Waktu Yang Tepat Sebelum Mengirim Email

 

Penelitian menunjukkan bahwa waktu terbaik untuk mengirim email adalah antara jam 10 dan 11 pagi, dan penelitian lain menunjukkan hari terbaik untuk rasio terbuka tinggi adalah hari Kamis, sedangkan hari terbaik untuk klik-tayang adalah Selasa. Namun tidak ada yang 100% akurat. Tentukan Timing kamu sendiri, lakukan pengiriman di waktu yang berbeda. Analisa mana timing dengan Open & Click rate tertinggi

 

 Baca Juga :

5. Konsisten

 

Menurut Enterpreneur, tidak ada nomor ajaib untuk seberapa sering mengirim Email Marketing kamu. Studi Marketing Sherpa tampak menyarankan bahwa lebih baik mengirim email lebih baik sering daripada tidak sering. 15% dari hasil survei mengatakan bahwa mereka tidak akan keberatan menerima email promosi setiap hari.

Penting untuk konsisten dengan Email Marketing kamu dan bertanya kepada pelanggan yang ditargetkan seberapa sering mereka ingin melihat email promosi dari kamu.

 

Sumber :       https://www.superoffice.com/blog/email-marketing-strategy/

 

 

About the author

babastudio

Leave a Comment

WhatsApp chat