Blog

5 Cara Beriklan Yang Baik di Google Ads

cara beriklan di google ads
Written by babastudio

 

5 Cara Beriklan Yang Baik di Google Ads

 

Membuat tehnik penulisan iklan yang baik di platform seperti Google Ads memang dirasa mudah. Hanya tinggal menulis kata-kata yang membuat orang lain ingin mengklik iklan yang tampil.

Nyatanya tidak semudah itu, karena pada platform tersebut hanya diberikan jumlah karakter yang terbatas. Baik saat ingin beriklan, maupun pada tampilan iklan itu nantinya.

Tapi tenang saja, ada cara tepatnya untuk beriklan yang baik di Google Ads, berikut adalah ulasannya :

 

1. Menyisipkan target kata kunci (keyword) di berbagai Elemen Web

Praktik terbaiknya, sebelum beriklan kamu harus terlebih dahulu menentukan target kata kunci yang kamu mau. Kalau kamu menargetkan kata kunci “Jasa SEO”, maka kata kunci yang sama harus terdapat di beberapa bagian pada situs webmu seperti :

·         Landing Page

·         Judul / Headline maupun isi konten

·         Produk atau jasa yang ditawarkan

Hanya saja pada ketiga poin diatas, pastikan bahwa kata kunci yang kamu sisipkan harus bersifat natural dan enak ketika dibaca. Hindari menyisipkan terlalu banyak kata kunci yang ditargetkan pada elemen-elemen website kamu.  

Letakan sejawarnya saja (maks 3% jumlah kata) atau nanti kamu berpotensi terkena pinalti Keyword Stuffing oleh Google saat proses review  Iklan.

 

2. Menyatu dengan User Query

User Query ialah kata kunci yang mungkin diketik oleh pengunjung kamu saat mereka mencari suatu informasi. Menyamakan apa yang mungkin mereka ketik dengan konten yang ada di situs web kamu merupakan komponen penting dalam dunia SEO & Google Ads.

Biasanya mereka akan mengetikan secara spesifik apa yang mereka cari. Sebagai contoh, terdapat suatu bisnis yang menjual beragam jenis pakaian. Maka User Query yang harus disamakan seperti berikut :

 

 

Kata Kunci

User Query

 

Sweater

 

·         Jual Sweater Murah

·         Sweater Murah Sale 20%

·         Sweater Pria & wanita

 

 

Sepatu Pria

 

·         Toko Online Sepatu Pria

·         Sepatu Pria Keren

·         Sepatu Pria All Size

 

Gamis Wanita

 

·         Gudang Busana Muslim Wanita

·         Gamis Murah Diskon

·         Toko Gamis Jakarta

 

Contoh diatas berlaku baik untuk Landing Pages, headline, ataupun isi konten di website kamu. Menyisipkan User Query kedalam elemen di website sama artinya seperti menyisipkan Long tail Keyword (kata kunci panjang) yang sudah dikenal memiliki tingkat konversi yang tinggi.

Apabila diterapkan juga pada iklan Google Ads kamu, maka tingkat relevansi kamu akan diberi nilai tinggi oleh Google. Semakin tinggi Score yang diberikan oleh Google, maka semakin murah biaya biaya iklan kamu nantinya.

 

3. Sisipkan Tombol Call To Action (CTA)

Dalam beriklan, jelas kamu menginginkan agar pelanggan kamu segera mengambil tindakan lebih lanjut setelah melihat iklan Google Ads kamu. Oleh karena itu penting sekali untuk selalu menambahkan tombol Call-to-Action tepat Setelah mereka mengklik iklan kamu.

Sebagai contoh, kata kunci “Jasa SEO Murah”

 

Anggaplah kamu ingin memilih Corefreelancer.id sebagai jasa SEO yang ingin kamu gunakan jasanya.

 

Begitu kamu klik iklan tersebut dan diarahkan menuju landing Page mereka, kamu akan langsung disuguhi dengan banner penawaran mereka dan tombol Call to Action (Dapatkan Penawaran) disana.

Hal ini jelas sangat efisien dan mempermudah tindakan apa selanjutnya yang harus diambil ketika mengklik iklan tersebut.

Inilah alasan pentingnya kamu harus menyisipkan tombol Call to Action tepat setelah pelanggan mengklik iklanmu. Agar mereka tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya dan tidak kebingungan.

 Baca Juga :

5 Trik dalam riset kata kunci Untuk Seo

4. Seni Penulisan Iklan Yang Menjual

Tahukah kamu bahwa pesan dalam iklan Google Ads merupakan poin menjual yang sangat kritis ? bagaimana tidak, kata-kata yang kamu sisipkan disana menjadi penentu mau tidaknya pelanggan mengklik iklan kamu.

 

Google Ads menyediakan 3 form Headline dan 2 form untuk deskripsinya. Tantang kreatifitas kamu untuk mengemas iklan yang menarik dengan mengekpos kelebihan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Tulis disana apa saja yang kamu tawarkan hingga penawaran menarik apa sedang kamu adakan. Kombinasikan kata-kata yang sekiranya memiliki peluang tinggi menarik calon pengunjung agar mau mengklik iklan kamu.

Misalnya :

·         On Sale 20% Semua Produk

·         Menjual berbagai macam Pakaian Murah dan Berkualitas

·         Beli sekarang dan dapatkan Gratis Ongkir !!

Contoh Kata-kata seperti diatas bisa mendorong orang lain ingin mengklik iklan yang kamu buat.

 

5. Maanfaatkan Dengan Baik Ads Extension

Sesuai namanya, Ads Extension seperti fitur tambahan yang bisa kamu sisipkan pada iklan Google Ads kamu. Tidak ada batasan penggunaannya sehingga kamu bisa menambahkan sebanyak-banyaknya extension agar iklanmu tampil unik.

Berikut adalah daftar Ads Extension yang disediakan Google Ads :

Setiap Extension memiliki kegunaan dan tujuannya tersendiri. Selain memperunik tampilan iklan, ia juga memberikan informasi tambahan kepada pelanggan kamu mengenai siapa kamu dan apa saja yang bisnismu tawarkan.

 

Sumber : https://unbounce.com/ppc/write-best-google-ads-copy/

About the author

babastudio

Leave a Comment

WhatsApp chat