Blog

10 Cara Melakukan Digital Marketing Yang Patut Dicoba Pemilik Bisnis

1.Search Engine Optimizer (SEO)

Search Engine Optimizer atau SEO pada dasarnya mengubah situs web kamu sehingga muncul secara alami atau organik pada hasil pencarian di Google, Yahoo Bing atau mesin pencari lainnya.

Google memperbarui algoritmanya secara teratur sehingga hanya hasil yang relevan yang muncul. Dari perspektif ini, banyak ahli mengatakan bahwa SEO sudah mati dan upaya itu sia-sia.

Namun, kenyataannya adalah bahwa Google mencoba untuk mencegah manipulasi algoritma dan menyaring situs yang tidak layak berada di puncak SERPs (Halaman Hasil Mesin Pencari).

Jadi tidak ada keraguan bahwa kamu harus berinvestasi dalam SEO. Situs web kamu harus membahas masalah teknis yang terkait dengan konten dan pencocokan kueri, spidering , pengindeksan, dan menafsirkan konten non-teks.

Perlu diingat bahwa ini adalah strategi pemasaran yang paling hemat biaya   yang akan membawa traffic organik ke bisnis situs web kamu jika dilakukan serius.

2.Search Engine Marketing (SEM)

Search Engine Marketing atau SEM adalah strategi komprehensif untuk mengarahkan traffic pengunjung ke bisnis situs web kamu, terutama melalui Promosi Berbayar (Paid Promote) atau disebut juga Paid Promote Marketing. 

Berdasarkan pada struktur bisnis, kamu dapat memilih model PPC (bayar per klik) atau CPC (biaya per klik), atau CPM (biaya per seribu tayangan). 

Ada berbagai platform untuk SEM. Sejauh ini, Google AdWords dan Bing Ads  adalah yang paling populer. SEM juga mencakup Iklan Bergambar, Penargetan Ulang Pencarian & Remarketing Site, Mobile Marketing, dan Paid Social Media Marketing. 

Kamu dapat memilih strategi titik tunggal seperti Pay-per-Click (PPC), atau memilih strategi SEM lengkap, termasuk Tampilan dan Penargetan Ulang. Tetapi apa pun yang kamu lakukan, pastikan pekerjaan yang kamu dikelola dilakukan oleh para ahli karena perencanaan yang salah dapat meningkatkan biaya yang kamu keluarkan dan sia-sia.

3. Content Creation

Penelitian menunjukkan bahwa pembuatan konten adalah metode pemasaran yang populer pada tahun 2014. Perubahan terbaru yang ada pada algoritma Google – baik itu Panda, Penguin atau Hummingbird – menunjukkan fakta bahwa konten adalah metrik yang paling penting saat menyaring hasil pencarian.

Konten dapat disajikan dalam berbagai format, termasuk blog, Whitebook, E-book, studi kasus, Tutorial, Artikel tanya jawab, forum, berita dan pembaruan, gambar, spanduk, infografis , podcast, webinar, video, atau konten untuk situs microblogging dan media sosial.

Kamu dapat menjadi kreatif dan membuat konten pada topik apa pun dan kemudian menautkannya secara tidak langsung ke bisnis kamu. Perlu Penyesuaian konten untuk platform yang berbeda.

Misalnya, konten untuk ponsel harus Singkat dan Jelas. Ingat, strategi yang efektif akan melibatkan pembaca kamu dan membuat mereka tertarik pada informasi lebih banyak dari kamu. Kalau kamu kreatif, disini kamu juga bisa mengkombinasikan konten berbasis meme dengan jenis bisnis yang dilakukan..

 

4. Sosial Media Marketing (SMM)

Sosial Media Marketing atau SMM adalah merupakan cabang dari Search Engine Marketing kamu. Hal Ini membahas tentang mengarahkan traffic ke situs atau bisnis kamu melalui situs media sosial seperti Facebook, Instagram , Twitter, Pinterest , Google+, Linkedin , dll. Seperti di sebutkan di atas, konten yang baik dibagikan dan disukai.

Jadi buat dan sesuaikan konten untuk berbagai platform media sosial. Ingatlah untuk menjadi produktif dan Original, kamu perlu terlibat dengan pengguna setiap hari, setidaknya buat empat hingga lima kali postingan dalam sehari. 

Upaya SMM kamu dapat sangat membantu untuk memperkenalkan branding dan mendorong omset penjualan.

5. Digital Display Advertising

Digital Display Advertising juga bagian dari upaya SEM kamu. Disini kamu dapat menggunakan berbagai format periklanan tampilan untuk menargetkan audiens potensial – baik itu teks, gambar, spanduk, iklan interaktif atau video.

Kamu juga dapat menyesuaikan pesan Anda berdasarkan minat, topik konten, atau posisi pelanggan dalam siklus pembelian. Namun, perhatikan bahwa Iklan Tampilan Digital relatif mahal. Disini kamu memerlukan bantuan dari sang pakar untuk mendorong ROI (Return of Investment0 yang baik untuk bisnis kamu.

 

6. Remarketing & Retargeting

Pada dasarnya, Remarketing & Retargeting adalah strategi untuk menargetkan pelanggan yang telah mengunjungi situs web kamu yang didasarkan pada teknologi cookie.

Penargetan ulang (Retargeting) telah muncul sebagai strategi pilihan saat kamu menargetkan pelanggan yang telah menunjukkan minat pada bisnis kamu baik sebelum ataupun sesudahnya.

Dan karenanya tingkat konversi tinggi, kamu dapat terlibat dalam Retargeting di situs kamu, atau di jejaring sosial maupun di ponsel. Visualisasikan strategi Retargeting atau Remarketing berdasarkan dari platform mana pelanggan kamu paling sering membeli.

7. Mobile Marketing

Menurut sebuah laporan, Mobile Marketing di AS saja bernilai sebesar USD$400 Milliar pada tahun 2015 . Sangat disarankan untuk mencoba Pemasaran Seluler. Umumnya Mobile Marketing sama halnya seperti jenis pemasaran lainnya namun disini kamu berfokus pada pengguna yang menggunakan device mobile atau seluler

Ingat, situs web, aplikasi, dan konten harus disesuaikan untuk perangkat seluler. Pada 2016, perangkat seluler diperkirakan mencapai 2,6 miliar unit di seluruh dunia. Jadi karena semakin banyak orang menggunakan smartphone, tablet, dan perangkat seluler lainnya, potensi pasar Mobile Marketing akan terus tumbuh.

 

8. Email Marketing

Email Marketing ialah Ketika kamu mengirim pesan komersial melalui email ke daftar pelanggan potensial, strategi ini disebut Email Marketing. 

Dengan bantuan Software Email Marketing yang efektif, kamu dapat mengelola daftar email yang dipisahkan berdasarkan beberapa faktor termasuk suka dan tidak sukanya seorang pelanggan, dan kebiasaan belanja mereka. 

Ingatlah untuk mengirim email pribadi (Private Mail), hal ini membantu mengembangkan kepercayaan terhadap calon pelanggan karena email pribadi bersifat langsung. Sangat penting diperhatikan bahwa Email marketing juga dapat dianggap sebagai spamming dan ada hukum yang melarangnya di beberapa Negara

9. Affiiate Marketing

Affiliate Marketing adalah program pemasaran berbasis kinerja, di mana kamu membayar si Penerbit Blog atau sejenisnya yang membawakan kamu pelanggan baru. Kinerja dapat didasarkan pada konversi, promosi, arahan atau hanya penjualan kamu.

Disini juga kamu bisa menawarkan bisnismu kepada penerbit lainnya untuk memasarkan apa yang mereka jual. Pada dasarnya, penerbit akan memberi kamu ruang di halaman mereka untuk mengiklankan bisnis kamu guna membantu kamum mendapatkan konversi rate yang tinggi.

Affiliate Marketing sangat berguna untuk pemula atau Start up, karena akan mendatangkan lebih banyak traffic ke bisnis mereka melalui situs dengan traffic yang tinggi. Intinya, Affiliate Marketing adalah situasi win-win untuk pedagang dan penerbit. Situs-situs seperti Amazon, eBay, LinkShare dan Flipkart menjalankan Program Afiliasi. Bahkan, sebagian besar bisnis online dengan lalu lintas yang cukup memiliki program afiliasi mereka sendiri.

 

10. Web Analytics

Mungkin, aspek terpenting dari Digital Marketing adalah Web Analytics (Analisis Web). Karena Web Analytics membantu kamu mengumpulkan, mengukur, memahami, menganalisis , merencanakan, melaporkan, dan memprediksi aktivitas web untuk bisnis kamu. 

Analytic Web tidak boleh disamakan dengan Statistic Web . Berbeda dengan pelaporan sederhana, Web Analytics memberi kamu analisis dan sudut yang berbeda untuk merenungkan vis-à-vis bisnismu. 

Beberapa alat Web Analytics yang penting adalah Google Analytics, Fall Metric, Woopra , Clicky , Mint dan Chartbeat . 

Tak perlu diragukan lagi bahwa setiap pengiklan harus menggunakan Web Analytics untuk memahami bisnisnya dan meningkatkan ROI dan konversi. 

Kesimpulan Adalah penting bagi Anda menggunakan strategi pemasaran yang berbeda untuk bisnis kamu dan kemudian mencari tahu mana yang terbaik. Dalam kebanyakan kasus, kombinasi dari banyak strategi pemasaran akan meningkatkan bisnis anda secara pesat. 

Digital Marketing adalah media yang dinamis dan kamu harus selalu beradaptasi dengan perubahan tersebut. Gunakan alat Web Analytics untuk melacak kinerja dan merencanakan langkah kamu selanjutnya

Sumber : https://yourstory.com/2014/12/digital-marketing-startups

 

 

 

About the author

babastudio

Leave a Comment

WhatsApp chat